Kamis, 22 Maret 2012

Tips menjaga stamina saat berlari agar seimbang dan tidak mudah lelah

Kita memang tidak pernah luput dari kata berlari  atau berjalan tetapi memang kita lebih cepat lelah/capek saat berlari, seperti ikut perlombaan lari, sepak bola atau bola basket, dikehidupan sehari2, dan masih banyak lagi, dan kegiatan yang lebih ngetren saat ini adalah kegiatan parkour.
Oleh karena itu kita dalam mengatur nafas saat berlari harus dijaga dengan seimbang, agar stamina kita tidak mudah habis.
Berikut tips dan cara-cara menjaga stamina saat berlari supaya lebih kuat:
  • Step 1

Jangan terlalu banyak tidur atau belari-lari yang tidak perlu, apabila setelah bangun tidur lebih baik kita melakukan pemanasan2 kecil atau seperlunya saja agar badan lebih bugar.
  • Step 2
Saat ingin mengikuti perlombaan/penilaian lari di sekolah kita harus diwajibkan menjaga kebugaran tubuh tetap fit/sehat dan menjaga pola makan atau minum yang tidak berlebihan hingga berakibat kekenyangan, sebab itu yang membuat banyak orang lebih condong sakit perut seperti ditusuk2 saat berlari yang membuat orang2 lebih baik duduk dari pada melanjutkanya lagi. Tapi intinya adalah kita harus menjaga makan dan minum dengan seimbang agar tubuh lebih bugar dan tidak mudah mengantuk.
  • Step 3
 Setelah ke dua tips itu terpenuhi masih ada yang kurang yaitu kita masih harus mengatur nafas saat berlari.
pertama kali yang perlu kita lakukan  adalah mengatur nafas saat berlari yaitu dengan melakukan timing yang tepat untuk bernafas, contoh: saat kita mengikuti perlombaan/penilaian lari disekolah kita tidak perlu mengeluarkan tenaga /energi terlalu penuh saat pertama kali berlari, yang kita perlukan adalah berlari dengan pas-pasan/ tidak terlalu cepat atau pelan. apabila kita dihadapkan untuk berlari dengan maxsimal kita harus memang benar-benar melakukan nafas dengan timing yang tepat yaitu saat kita berlari kaki kita selalu kedepan dan kebelakang, Saat kaki kita kedepan itulah yang harus kita sempatkan mengambil nafas tetapi dalam langkah-langkah/waktu tertentu juga, Maksutnya kita harus mengambil nafas seperlunya saja agar berbuah maksimal saat pertama kali kita ingin berlari jangan terlalu tergasa-gesa usahakan pas-pasan namun lama kelamaan harus lebih cepat, contoh seperti; sepeda motor,mobil dan pesawat dll yang memliki tahapan-tahapan dalam mencapai kecepatan maksimalnya.
Apabila dari awal kita berlari sudah tergesa-gesa secara cepat kita akan kehabisan stamina dan pengambilan nafas yang tidak teratur berakibat kita lebih cepat sekali lelah.
Jadi bila pengen banget menjaga stamina dan pengambilan nafas saat berlari secara optimal, ikuti saja langkah -langkah diatas teman..,.,,.,.

selamat mencoba semoga bermanfaat bagi kalian semua teman,.,.,.,..
 

1 komentar:

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service